Apa itu spam?

Notification

×

Apa itu spam?

21/10/2022 | Oktober 21, 2022 WIB Last Updated 2022-12-30T10:48:42Z

https://www.itnews.id/2022/10/apa-itu-spam_49.html


Definisi spam

Spam adalah segala jenis komunikasi digital yang tidak diinginkan dan tidak diminta yang dikirim secara massal. 


Seringkali spam dikirim melalui email, tetapi juga dapat didistribusikan melalui pesan teks, panggilan telepon, atau media sosial.


Apa singkatan dari spam?

Spam bukanlah akronim untuk ancaman komputer, meskipun beberapa telah diusulkan bahwa spam adalah malware menjengkelkan yang tidak berguna. 


Inspirasi untuk menggunakan istilah "spam" untuk menggambarkan pesan massal yang tidak diinginkan ada di sandiwara Monty Python di mana para aktor menyatakan bahwa setiap orang harus memakan makanan Spam, apakah mereka menginginkannya atau tidak. Demikian seperti yang terjadi pada setiap orang dengan alamat email yang diganggu oleh pesan spam, suka atau tidak suka pesan tersebut diterima.


Jenis-jenis spam?

Spammer menggunakan banyak bentuk komunikasi untuk mengirim pesan yang tidak diinginkan secara massal. 


  • Melalui pesan pemasaran yang menjajakan barang yang tidak diminta. 
  • Melalui Malware, untuk menipu membocorkan informasi pribadi, atau membuat penerima takut untuk berpikir bahwa perlu membayar untuk keluar dari masalah.


Filter spam email menangkap banyak jenis pesan tersebut, dan operator telepon sering memperingatkan Pengguna tentang "risiko spam" dari penelepon yang tidak dikenal. Baik melalui email, teks, telepon, atau media sosial. 


Berikut adalah beberapa jenis spam yang harus diwaspadai.


Email phising

Email phishing adalah jenis spam yang dikirim oleh penjahat dunia maya ke banyak orang, berharap untuk "mengaitkan" beberapa orang. Email phishing menipu korban agar memberikan informasi sensitif seperti login situs web atau informasi kartu kredit.


Pemalsuan email

Email palsu meniru, atau menipu, email dari pengirim yang sah, dan meminta Anda untuk mengambil tindakan. 


Penipuan yang dijalankan dengan baik akan berisi branding dan konten yang sudah dikenal, seringkali dari perusahaan besar yang terkenal seperti PayPal atau Apple. 


Pesan spam penipuan melalui email yang umum meliputi:

  • Permintaan pembayaran atas tagihan yang belum dibayar
  • Permintaan untuk mengatur ulang kata sandi Anda atau memverifikasi akun Anda
  • Verifikasi pembelian yang tidak Anda lakukan
  • Permintaan untuk informasi penagihan yang diperbarui

Penipuan yang terjadi saat ini

Topik hangat dalam berita dapat digunakan dalam pesan spam untuk menarik perhatian Anda. 

Pada tahun 2020 ketika dunia menghadapi pandemi Covid-19 dan ada peningkatan pekerjaan dari rumah, beberapa scammer mengirim pesan spam yang menjanjikan pekerjaan jarak jauh yang dibayar dalam Bitcoin. 

Pada tahun yang sama, topik spam populer lainnya terkait dengan menawarkan bantuan keuangan untuk usaha kecil, tetapi scammer akhirnya meminta rincian rekening bank. 

Judul berita bisa menarik, tetapi waspadalah terhadap kemungkinan pesan spam.


Penipuan uang muka

Jenis spam ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi siapa saja yang telah menggunakan email sejak tahun 90-an atau 2000-an. 



Malspam (malware spam)

Singkatan dari “malware spam” atau “malicious spam”, malspam adalah pesan spam yang mengirimkan malware ke perangkat Anda. Pembaca yang tidak curiga yang mengeklik tautan atau membuka lampiran email berakhir dengan beberapa jenis malware termasuk ransomware, Trojan, bot, pencuri info, cryptominers, spyware, dan keylogger. Metode pengiriman yang umum adalah dengan menyertakan skrip berbahaya dalam lampiran dengan tipe yang sudah dikenal seperti dokumen Word, file PDF, atau presentasi PowerPoint. Setelah lampiran dibuka, skrip berjalan dan mengambil muatan malware.


Panggilan spam dan teks spam

Apakah Anda pernah menerima robocall? Itu namanya spam. Pesan teks dari pengirim yang tidak dikenal yang mendesak Anda untuk mengklik tautan yang tidak dikenal? Itu disebut sebagai spam pesan teks atau "smishing", kombinasi SMS dan phishing.


Jika Anda menerima panggilan dan SMS spam di Android atau iPhone, sebagian besar operator besar memberi Anda opsi untuk melaporkan spam. Memblokir nomor adalah cara lain untuk memerangi spam seluler. 


Bagaimana cara menghentikan spam?

Meskipun mungkin tidak mungkin untuk menghindari spam sama sekali, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk membantu melindungi diri Anda dari penipuan atau phishing dari pesan spam:

Belajar mengenali phishing

Kita semua bisa menjadi korban serangan phishing. Kita mungkin terburu-buru dan mengklik link berbahaya tanpa disadari. Jika jenis serangan phishing baru muncul, kita mungkin tidak langsung mengenalinya. 

Untuk melindungi diri Anda sendiri, pelajari untuk memeriksa beberapa tanda utama, berikut ini adalah upaya phishing:


Alamat email pengirim: Jika email dari perusahaan adalah sah, alamat email pengirim harus sesuai dengan domain perusahaan yang mereka klaim untuk diwakili. 


Terkadang ini terlihat jelas, seperti example@nhfskljzr05788.biz, tetapi di lain waktu perubahannya kurang terlihat, seperti example@paypa1.com alih-alih paypal.com.


Tautan: Waspadalah terhadap semua tautan, termasuk tombol dalam email. 

Jika Anda mendapatkan pesan dari perusahaan yang memiliki akun dengan Anda, sebaiknya masuk ke akun Anda untuk melihat apakah ada pesan di sana daripada hanya mengklik tautan dalam pesan tanpa memverifikasi terlebih dahulu. 


Anda dapat menghubungi perusahaan untuk menanyakan apakah pesan yang mencurigakan itu sah atau tidak. Jika Anda memiliki keraguan tentang sebuah pesan, jangan klik tautan apa pun.


Kesalahan tata bahasa: Kita semua membuatnya, tetapi perusahaan yang mengirimkan pesan yang sah mungkin tidak akan memiliki banyak kesalahan tanda baca, tata bahasa yang buruk, dan kesalahan ejaan. 


Lampiran: Kecuali Anda mengharapkan email dengan lampiran, selalu waspada sebelum membuka atau mengunduhnya. Menggunakan perangkat lunak anti-malware dapat membantu dengan memindai file yang Anda unduh untuk mencari malware.

Laporkan spam
Penyedia email telah cukup baik dalam menyaring spam, tetapi ketika pesan berhasil masuk ke kotak masuk Anda, Anda dapat melaporkannya. 

Ini berlaku untuk panggilan spam dan pesan teks, karena banyak operator memberi Anda kemampuan untuk melaporkan spam juga. 

Anda juga dapat memilih untuk memblokir pengirim, sering kali dalam langkah yang sama seperti melaporkan pesan.

Melaporkan spam dapat membantu penyedia email atau operator layanan telepon Anda menjadi lebih baik dalam mendeteksi spam. 

Jika email yang sah dikirim ke filter spam Anda, Anda dapat melaporkan bahwa email tersebut tidak boleh ditandai sebagai spam, dan itu juga memberikan informasi berguna tentang apa yang tidak boleh difilter. 

Langkah bermanfaat lainnya adalah menambahkan pengirim yang ingin Anda dengar ke daftar kontak Anda secara proaktif.

Gunakan dua faktor-otentikasi (2FA)
Dengan otentikasi dua faktor atau multi-faktor, bahkan jika nama pengguna dan kata sandi Anda disusupi melalui serangan phishing, penjahat dunia maya tidak akan dapat mengatasi persyaratan otentikasi tambahan yang terkait dengan akun Anda. 

Faktor otentikasi tambahan termasuk pertanyaan rahasia atau kode verifikasi yang dikirim ke ponsel Anda melalui pesan teks.