Mengenal Transformasi Digital

Notification

×

Mengenal Transformasi Digital

16/07/2023 | Juli 16, 2023 WIB Last Updated 2023-09-15T11:30:50Z

https://www.itnews.id/2023/07/transformasi-digital.html


Artikel ini membahas tentang:

  • Apa itu transformasi digital?
  • Contoh transformasi digital
  • Berbagai industri yang mengalami transformasi digital
  • Transformasi digital semenjak COVID-19
  • Tujuan melakukan transformasi digital
  • Berbagai macam cara transformasi 
  • Apa yang dibutuhkan untuk memulai transformasi digital?
  • Strategi transformasi digital


Apa itu transformasi digital?

Transformasi digital adalah proses di mana perusahaan menanamkan teknologi di seluruh bisnis mereka untuk mendorong perubahan mendasar. 


Contoh transformasi digital

  • Beralih ke lingkungan cloud computing, siap bekerja dari jarak jauh
  • Melatih kembali karyawan untuk cepat menyesuaikan terhadap cara-cara baru
  • Menerapkan otomasi untuk mempercepat dukungan dan layanan pelanggan
  • Menggunakan wawasan berbasis AI untuk meningkatkan efisiensi penjualan.


Berbagai industri yang mengalami transformasi digital


Banyak lagi untuk menemukan kembali kasus bisnis tertentu atau menemukan kembali organisasi mereka dari atas ke bawah.


Transformasi digital semenjak COVID-19

Ketika Covid-19 melanda, memaksa perubahan sosial di seluruh dunia. Hampir dalam semalam, pemerintah mengeluarkan perintah yang membatasi pertemuan besar orang, membatasi operasi bisnis secara langsung, dan mendorong orang untuk bekerja dari rumah sebanyak mungkin. 


Sebagai tanggapan, bisnis dan sekolah mulai mencari cara untuk melanjutkan operasi mereka dari jarak jauh, berkat internet. Mereka beralih ke berbagai platform kolaborasi dan kapasitas konferensi video untuk tetap terlibat dengan kolega, klien, dan siswa mereka saat bekerja dari kantor pusat.


Tujuan melakukan transformasi digital

Menggunakan cara-cara baru yang dipadukan dengan teknik modern untuk mendapatkan solusi baru yang pada akhirnya dapat meningkatkan:

  • Peningkatan efisiensi
  • Mendorong inovasi karyawan 
  • Ketangkasan bisnis yang lebih besar
  • Memacu pertumbuhan perusahaan pada tingkat fundamental.
  • Pembukaan nilai baru bagi karyawan, pelanggan, dan pemegang saham.


Berbagai macam cara transformasi 

  • Memperkenalkan AI atau cloud computing untuk meningkatkan pengalaman pelanggannya. 
  • Mendesain ulang supply chain untuk memanfaatkan machine-learning dengan lebih baik.
  • Membuat prediksi langsung tentang produk yang diinginkan pelanggan dalam waktu lebih cepat, kemudian mengalihkan produksi untuk memenuhi permintaan.


Apa yang dibutuhkan untuk memulai transformasi digital?

Pola pikir yang baru adalah sebuah kesempatan untuk membayangkan kembali bagaimana perusahaan melakukan sesuatu dari bawah ke atas.  


Transformasi digital memerlukan pergeseran dari pemikiran tradisional ke arah pendekatan yang lebih kolaboratif dan eksperimental. 


Cara-cara baru yang dilakukan dalam hal transformasi digital bermaksud untuk mengungkapkan solusi baru yang pada akhirnya dapat meningkatkan:

  • Pengalaman pelanggan
  • Mendorong inovasi karyawan
  • Memacu pertumbuhan perusahaan pada tingkat fundamental.


Strategi transformasi digital

Mendorong perubahan besar dalam organisasi terlalu sulit dilakukan tanpa rencana. 


Ada lima bidang utama yang harus ditangani oleh perusahaan secara paralel menurut www.accenture.com/digital-transformation...


1.  Transformasi strategi bisnis

Saat ini, semua perusahaan teknologi; Transformasi digital menempatkan teknologi sebagai inti dari strategi bisnis. Pendekatan ini dapat mengurangi biaya operasional dan inefisiensi. Bahkan bisa mengubah jalannya bisnis. 


Dengan model terpadu di seluruh bisnis dan teknologi, lebih mudah mencapai ambisi masa depan.  Jalur teknologi yang di pilih lebih menentukan kesuksesan perusahaan dari sebelumnya.


2.  Penataan ulang operasi bisnis

Mengubah proses bisnis dan mengadopsi cara kerja baru untuk ketangkasan dan eksperimen sangat penting untuk kesuksesan. 


Apa yang paling dibutuhkan pelanggan dan karyawan, dan bagaimana proses digital dapat membantunya?


Memulai dengan pertanyaan di atas akan berdampak secara menyeluruh, baik itu meningkatkan layanan pelanggan melalui data dan analitik yang lebih baik, memindahkan layanan utama ke cloud, atau membangun keberlanjutan di seluruh fungsi rekayasa, manufaktur, dan rantai pasokan.


3.  Adopsi praktik baru untuk kelincahan dan eksperimen

Seiring meningkatnya harapan pelanggan dan kecepatan perubahan, penting untuk memperkenalkan cara kerja baru yang digabungkan dengan kemampuan teknik modern. 


Kelincahan dan experimen ketika melakukan transformasi digital dapat tercapai ketika pendekatan yang memandang teknologi sebagai hal yang dapat diakses dan manusia adalah bagian yang dapat beradaptasi.


4.  Core teknologi yang fleksibel untuk perubahan berkelanjutan

Tidak terpaku pada satu teknologi saja untuk tetap gesit dan fleksibel, Anda dapat mengkatalisasi inovasi di perusahaan Anda dan dengan lebih mudah membentuk kemitraan ekosistem yang mendorong kecepatan dan skala. 


Pendekatan modular memungkinkan perubahan yang cepat dan berkelanjutan, dan tetap fokus pada kebutuhan pelanggan adalah kuncinya.


5.  Mengubah manajemen

Transformasi digital memengaruhi semua aspek bisnis. Agar dapat berfungsi, fondasi digital, operasi digital, dan tenaga kerja yang terampil secara digital secara kolektif membutuhkan dukungan dari para pemimpin dan budaya yang selaras dengan teknologi baru mana yang akan diadopsi dan cara terbaik untuk mengintegrasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari.


Untuk menciptakan perubahan yang berkelanjutan, perusahaan seringkali perlu membangun keterampilan baru saat karyawan bekerja dengan cara baru.


Cara mengaktifkan transformasi digital

Berikut adalah enam langkah tindakan yang membantu menjawab pertanyaan tersebut dan membuat perubahan menjadi mungkin:


Melihat perubahan sebagai transformasi bisnis.

  • Pelanggan harus menjadi perhatian utama dalam setiap transformasi. 
  • Mulai dengan mengidentifikasi titik gesekan utama yang mungkin dihadapi pelanggan di semua proses, baik dalam penjualan peralatan, suku cadang, layanan, atau di tempat lain. 
  • Perusahaan lintas industri memulai transformasi skala besar karena pergeseran pasar yang dramatis mendorong penemuan kembali.


Kembangkan strategi dan perubahan organisasi.

Visi yang jelas, pendekatan terpadu, dan fokus pada nilai adalah kunci untuk setiap transformasi.


Hancurkan penghalang untuk berubah.

Berfokus pada tantangan pelanggan memungkinkan pemecahan masalah yang dihadapinya. Sehingga dibutuhkan banyak fungsi untuk berbagi informasi dan menyelesaikan pengalaman pelanggan yang berkualitas.


Kembangkan ekosistem kemitraan.

Umumnya mitra mencari sumber pertumbuhan dan efektivitas operasional yang baru.


Mengadopsi pendekatan dengan gesit.

Ketangkasan adalah kunci untuk transformasi apa pun. Membina dimulai dengan menciptakan budaya bisnis di mana eksperimen didorong dan ide-ide inovatif dapat berkembang.


Danai transformasi digital sebagai investasi.

Mendanai transformasi digital adalah proses kompleks yang paling baik dengan pendekatan selangkah demi selangkah seperti sebagai berikut:

  • Dalam jangka pendek, mulailah dengan pandangan menyeluruh tentang peluang dan persyaratan digital di seluruh perjalanan pelanggan. 
  • Pilih tantangan yang sesuai dengan investasi dan peluang hasil yang diinginkan. 
  • Dengan melakukan hal-hal ini, organisasi dapat mendanai sendiri inovasi, mengoptimalkan investasi teknologi, dan menghilangkan hambatan untuk berubah.


Referensi:  

  • https://enterprisersproject.com/what-is-digital-transformation
  • https://www.accenture.com/us-en/insights/digital-transformation-index